Aspek ini meninjau
pemakaian elemen-elemen pada suatu sistem (seperti penggunaan icon, penamaan
halaman, menu, dan font) apakah elemen-elemen tersebut konsisten atau malah
menimbulkan ambiguitas dan mempersulit pemahaman user.
Ada beberapa hal yang akan saya bahas pada poin ini, yaitu :
Ada beberapa hal yang akan saya bahas pada poin ini, yaitu :
1. terdapat kesalahan pada menu utama
yaitu pada bagian blog, pada menu blog ini bukan link untuk menuju halaman blog
tetapi menu blog ini isi nya adalah proses pengiriman dan biaya pengiriman.
Padahal proses pengiriman dan biaya pengiriman sudah ada pada halaman home .
2. pada halaman utama
terdapat menu utama member keanggotaan pada menu ini terdapat 3 bagian menu
lagi yaitu order received,
cart, dan check out -> pay. Ketika saya mencoba membuka satu satu 3 menu ini
ternyata pada bagian cart dan check out-> pay menuju ke halaman total
belanja , tidak ada perbedaan halaman dari kedua ini .
3. Lalu pada bagian menu
utama profil ketika di hover yang ada menu logo dari garisbuku.com ketika di klik menampilkan logo garisbuku.com
dengan ukuran yang sangat besar dan di bawah logo ini terdapat profil
garisbuku.com
4.Jika kita scroll terus ke bawah
terdapat profil dari garisbuku.com, padahal pada menu utama diatas sudah
terdapat menu profil , menurut saya sama sekali tidak konsisten menggandakan
isi yang sama pada halaman yang sama .
Perhatikan link addres di bawah ini ,
halaman yang dituju bukan halaman portofolio tetapi profil. Pengunjung tidak
tahu yang sebenarnya halaman saat ini dimana .
Saran : konsistensi
itu sangat penting, gunakan bahasa yang dapat memudahkan pengunjung web.
Severe
Ratings = 4
Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah.
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi.
4 = Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi.
link website : garisbuku.com
Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah.
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi.
4 = Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi.
link website : garisbuku.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar