Rabu, 11 Juni 2014

Consistency and Standards – garisbuku.com

Aspek ini meninjau pemakaian elemen-elemen pada suatu sistem (seperti penggunaan icon, penamaan halaman, menu, dan font) apakah elemen-elemen tersebut konsisten atau malah menimbulkan ambiguitas dan mempersulit pemahaman user.
Ada beberapa hal yang akan saya bahas pada poin ini, yaitu : 

1. terdapat kesalahan pada menu utama yaitu pada bagian blog, pada menu blog ini bukan link untuk menuju halaman blog tetapi menu blog ini isi nya adalah proses pengiriman dan biaya pengiriman. Padahal proses pengiriman dan biaya pengiriman sudah ada pada halaman home .





2. pada halaman utama terdapat menu utama member keanggotaan pada menu ini terdapat 3 bagian menu lagi yaitu order received, cart, dan check out -> pay. Ketika saya mencoba membuka satu satu 3 menu ini ternyata pada bagian cart dan check out-> pay menuju ke halaman total belanja , tidak ada perbedaan halaman dari kedua ini .




3. Lalu pada bagian menu utama profil ketika di hover yang ada menu logo dari garisbuku.com  ketika di klik menampilkan logo garisbuku.com dengan ukuran yang sangat besar dan di bawah logo ini terdapat profil garisbuku.com



4.Jika kita scroll terus ke bawah terdapat profil dari garisbuku.com, padahal pada menu utama diatas sudah terdapat menu profil , menurut saya sama sekali tidak konsisten menggandakan isi yang sama pada halaman yang sama .
Perhatikan link addres di bawah ini , halaman yang dituju bukan halaman portofolio tetapi profil. Pengunjung tidak tahu yang sebenarnya halaman saat ini dimana .


Saran : konsistensi itu sangat penting, gunakan bahasa yang dapat memudahkan pengunjung web.

Severe Ratings = 4

Keterangan Severe Ratings (
Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah.
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki  dengan prioritas tinggi.
4 = Usability catastrophe.  Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi.  


link website : garisbuku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar