Rabu, 11 Juni 2014

HELP AND DOCUMENTATION – GARISBUKU.COM


Setiap web e-commers mempunyai langkah langkah cara pembelian yang berbeda-beda ,  pada website penjualan online buku garisbuku.com tidak terdapat help user manual. Meskipun lebih baik jika sistem dapat digunakan tanpa dokumentasi , mungkin perlu untuk memberikan bantuan dan dokumentasi . Setiap informasi tersebut harus mudah dicari , fokus pada tugas pengguna , daftar langkah-langkah konkret yang harus dilakukan , dan tidak terlalu besar .

Ada beberapa yang akan saya bahas  pada poin ini :

1. fungsi help pada web
Dalam web garisbuku.com terdapat fungsi help yaitu kontak, menurut saya kontak pada web sangat penting menu kontak dalam web ini tidak hanya memberikan informasi alamat dan nomor yang dapat dihubungi saja tetapi menambahkan jam kerja dan peta google map.



2.  kesalahan icon search , web garisbuku.com mengunakan icon search dengan tanda + , icon yang tidak seharusnya dipakai untuk fungsi pencarian. Pengguna tidak mengerti apa maksud tanda + tersebut.
Severe Ratings = 2

Keterangan Severe Ratings (
Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah.
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki  dengan prioritas tinggi.
4 = Usability catastrophe.  Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi.  

link website : garisbuku.com

1 komentar:

  1. Saya ingin menambahkan, pada kolom pencarian memang betul ada icon yang kurang tepat, pada umumnya icon di kolom pencarian buka tanda "+" namun biasanya icon yang lambang kaca pembesar, sehingga pengunjung tidak akan kebingungan dengan icon biasa digunakan. Terimaksih (G64134028)

    BalasHapus