Fleksibilitas dan efisiensi merupakan hal terpenting untuk
memudahkan pengguna dan mempercepat tujuan pengguna, jangan membuat pengguna
melakukan banyak langkah-langkah.
1.
tersedia nya menu sitemap
Dalam web yang menggunakan banyak url
terdapat sitemap untuk memberitahukan semua url yang terdapat pada web
tersebut. Dalam web ini terdapat sitemap , semua yang berkaitan dengan web ini
tercantum pada menu ini. Tetapi informasi yang diberikan terlalu rinci sehingga
terlalu banyak pengunjung harus menscroll halaman terutama pada bagian avalible
product menurut saya lebih baik dibuat perkategori saja.
2. terdapat aturan menjadi anggota
tetapi tidak jelas langkahnya
pada garisbuku.com terdapat menu cara
belanja , dimana diberitahukan cara membeli buku pembeli harus menjadi anggota
dari garisbuku.com, ketika saya coba untuk menjadi anggota saya klik link ikuti
petunjuk berikut untuk menjadi anggota, saya mengira ketika saya mengklik
link tersebut tampilan yang akan keluar mungkin sebuah form pengisian, tetapi
ternyata berganti halaman lain , di halaman ini terdapat link register
anggota, dan petunjuk selanjutnya pembeli harus mengisi form. Ketika saya
klik register anggota bahwa tampilan selanjutnya bukanlah form pengisian
melainkan kembali ke halaman home .
Saran : berikanlah petunjuk yang jelas
untuk pembeli , jika dibutuhkan untuk menjadi anggota dan harus melakukan login
maka berikanlah calon pembeli petunjuk yang jelas dan mudah, untuk apa ada form
pengisian login jika calon pembeli tidak mengerti dengan cara yang sudah
diberikan.
Saran : jangan terlalu membuat
banyak langkah-langkah untuk pengguna atau calon pembeli , hal itu akan membuat
pengguna bingung .
Severe
Ratings =2
Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah.
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi.
4 = Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi.
Keterangan Severe Ratings (Nielsen 1995):
0 = Bukan masalah
1 = Masalah yang tidak terlalu penting
2 = Minor usability problem. Perlu diperbaiki dengan prioritas rendah.
3 = Major usability problem. Sangat perlu diperbaiki dengan prioritas tinggi.
4 = Usability catastrophe. Masalah yang sangat besar, perlu penanganan dengan prioritas paling tinggi.
link website : garisbuku.com
sudah baik tersedia sitemap, selain dibuat per kategori sebaiknya dibuat urut secara abjad, sehingga memperudah pengguna untuk mencari yang kategori yang diinginkan. - G64134034
BalasHapus